Abstract :
ABSTRAK
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui persentase tingkat pemahaman siswa pada materi Ikatan Kimia di SMA Negeri 1 Asera serta mengetahui minat belajar siswa pada materi Ikatan Kimia oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Asera dengan menggunakan instrumen penilaian three-tier test. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Asera Tahun Ajaran 2018/2019 semester genap. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 1 Asera. Sampel pada penelitian ini sebanyak 35 siswa yang diambil dari salah satu kelas X melalui teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument tes pilihan ganda dan angket. Analisis data dilakukan melalui penyajian data, analisis lembar jawaban siswa dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat pemahaman siswa pada materi ikatan kimia yang menggunakan instrumen three-tier test yang dikategorikan memahami konsep sebesar 17,43%, tidak memahami konsep 10,86%, miskonsepsi 31,43%, dan error 40,28%. dan Minat belajar siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Asera pada Materi Ikatan Kimia dilihat dari Rentang Nilai dan Kategori Nilai maka Minat Belajar siswa dikategorikan Cukup Baik.
Kata Kunci: Identifikasi Tingkat Pemahaman Belajar, three-tier test, Tes Pilihan Ganda, Angket, Persentase tingkat pemahaman Belajar, Pokok Bahasan Ikatan Kimia, Penelitian Kualitatif.