Abstract :
ABSTRAK
La Ode Kahrul (C1A115108): Transparansi Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Camat Binongko Kabupaten Wakatobi. Dibawah Bimbingan Bapak Prof.Dr. Wempy Banga, M. Si selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Aminuddin, M.Si selaku pembimbing II.
Adapun Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui transparansi dalam pelayanan public pada Kantor Camat Binongko Kabupaten Wakatobi. (2) Untuk mengetahui kualitas pelayanan public pada Kantor Camat Binongko Kabupaten Wakatob. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan informan diambil secara sengaja sebanyak 7 orang. Adapun analisis data dalam penelitian ini penulis mengacu pada teori Miles dan Huberman dalam sugiyono, (2007:334) yang terdiri dari: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Transparansi Pelayanan pada Kantor Camat Binongko dapat diketahui dari 3 dimensi yaitu dimensi keterbukaan persyaratan pelayanan, dimensi keterbukaan prosedur pelayanan dan dimensi keterbukaan waktu penyelesaian pelayanansudah diterapkan dengan baik. (2) Kualitas Pelayanan pada Kantor Camat Binongko Kabupaten Wakatobi dapat diketahui 4 dimensi. Dua dimensi diantaranya yaitu dimensi kehandalan dan dimensi empati sudah berjalan dengan baik sedangkan dua dimensi lainya yaitu dimensi berwujud masih memiliki kendala berupa tempat pelayanan yang belum memberikan rasa nyaman kepada masyarakat karena disebapkan kurangnya fasilitas pendingin ruangan dan dimensi ketanggapan juga belum berjalan dengan baik dikarenakan kurang maksimalnya kinerja pegawai dalam melayani pengguna layanan.
Kata kunci: Transparansi, Kualitas Pelayanan publik.