Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi setelah penerapan model pembelajaran discovery learning, (2) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi setelah penerapan model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas X MIA2 yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 pada SMA Negeri 3 Sampolawa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menentukan rata-rata hasil belajar peserta didik dan menganalisis persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan: (1) Hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi yang diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 70,9, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya sebesar 80,6, (2) Ketuntasan hasil belajar peserta didik kelas X MIA2 SMA Negeri 3 Sampolawa pada materi usaha dan energi yang diajar menggunakan model discovery learning meningkat secara signifikan dari siklus I ke siklus II. Adapun ketuntasan hasil belajar peserta didik berdasarkan KKM pada siklus I sebesar 48 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88%.
Kata Kunci: Analisis Data dan Model Discovery Learning.