DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI POKOK BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IPS 1 SMAN 7 KENDARI
Total View This Week13
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
LINDA MALAPPA, A1P116111
Subject
Model Pembelajaran Discovery learning 
Datestamp
2020-03-12 03:22:28 
Abstract :
ABSTRAK Linda Malappa (2019). Telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 7 Kendari.”. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran aktivitas siswa kelas X IPS 1 SMAN 7 Kendari dalam pembelajaran Geografi melalui penerapan model discovery learning materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan?, (2) Bagaimana gambaran aktivitas guru dalam pembelajaran Geografi melalui penerapan model discovery learning materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 7 Kendari?, (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Geografi siswa kelas X IPS 1 SMAN 7 Kendari melalui penerapan model discovery learning materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan?.Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa kelas X IPS 1 SMAN 7 kendari dalam pembelajaran Geografi melalui penerapan model discovery learning materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan, (2) Untuk medeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran Geografi melalui penerapan model discovery learning materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan pada siswa kelas X IPS 1 SMAN 7 Kendari, (3) Untuk meningkatkan hasil belajar Geografi siswa kelas X IPS 1 SMAN 7 Kendari melalui penerapan model discovery learning materi pokok bumi sebagai ruang kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di kelas X IPS1 SMAN 7 Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 SMAN 7 Kendari. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan: (1) Aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning pada siklus I sebesar 2,6 yang termasuk pada kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,1 yang termasuk pada katergori baik; (2) Aktivitas mengajar guru siklus I skor rata-rata aktivitas guru adalah 2,9 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,4 yang berkategori baik; (3) Ada peningkatan hasil belajar geografi kelas X IPS-1 SMAN 7 Kendari, sebesar 23% setelah menerapkan model pembelajaran discovery learning. Dimana pada siklus I yaitu diperoleh ketuntasan belajar siswa 62% dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 85%. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Guru, Siswa, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas Halu Oleo