Abstract :
ABSTRAK
Setiap tahun pertambahan penduduk dan jumlah kendaraan di kota Kendari semakin meningkat, sehingga menimbulkan persoalan terhadap pergerakan lalu lintas. Selain itu, pola-pergerakan dari lalu lintas yang ada juga dapat terjadi akibat aktifitas yang ada di pinggir jalan yang menyebabkan menurunya kecepatan arus lalu lintas dan kinerja jalan. Hal ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap pergerakan lalu lintas. Demikian juga terjadi di ruas jalan Ahmad Yani, Za Sugianto sebagai daerah studi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan manajemen lalu lintas terencana dan terarah dengan terlebih dahulu mengetahui karateristik lalulintas seperti volume, kecepatan dan kepadatan. Dengan melakukan penelitian pada ruas jalan tersebut.
Studi dalam penelirian ini dilakukan di Ruas jalan Ahmad Yani, Za Sugianto, dari jam 07.00 – 18.00 WITA dengan interfal waktu 15 menit, yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas yang ada di Ruas jalan tersebut, dengan model yang digunakan adalah model Greenshield, Greenberg, dan Underwood dan untuk mengetahui kinerja ruas jalan tersebut. Dari hasil pemodelan, didapat untuk model Greenshield koefisien determinasi tertinggi adalah ruas jalan ZA Sugianto dengan R2 = 0,8501 dengan persamaan matematis S = 44,169 – 1,-064.D dan kapasitas ( VM ) 458 smp/jam untuk model Greenberg koefisien determinasi tertinggi adalah Ruas jalan Ahmad Yani dengan R2 = 0,824 dengan persamaan matematis S = 52,68 – 9,49 Ln. D dan kapasitas (VM) 6566,58 smp/jam untuk model Underwood koefisien determinasi tertinggi adalah Ruas jalan Ahmad Yani dengan R2 = 0,196 dengan persamaan matematis 34,123 (- 0,0028 .D) yang sesuai dengan ruas jalan Ahmad Yani adalah mengikuti model Greenberg dengan nilai R2 = 0,824 dan untu ruas jalan ZA Sugianto adalah mengikuti model Greenshield dengan nilai R2 = 0,8501
Kata kunci : kapasitas, Greenshield, Greenberg dan Underwood, kinerja Ruas Jalan