DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI FLORA DAN FAUNA DI INDONESIADAN DUNIA KELAS XI IPS 2 SMAN 1WOLOWA
Total View This Week77
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
ADEL MINDA AGUSTINI, A1P1 16 117
Subject
Model Pembelajaran 
Datestamp
2020-02-19 02:49:55 
Abstract :
ABSTRAK Adel Minda Agustini (2019). Telah melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wolowa”. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana gambaran aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wolowa yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia?. (2) Bagaimanagambaran aktivitas mengajar guru dalam penerapan model Problem Based Learning pada materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia?. (3)Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Wolowa yang diajar dengan model Problem Based Learning pada materi Flora dan Fauna di Indonesia dan Dunia?.Tujuan penelitian: (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wolowayang diajar dengan menggunakanmodel Problem Based Learning pada materi flora dan fauna di Indonesia dan dunia. (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wolowadalam penerapanmodel Problem Based Learning pada materi flora dan fauna di Indonesia dan dunia. (3) Untuk menentukan peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wolowayang diajar dengan mengunakan model Problem Based Learning pada materi flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Penelitian dilakukan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Wolowa semester ganjil tahun ajaran 2019/2020, tanggal 2 September sampai tanggal 1Oktober 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning : (1) Perolehan skor yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi kategori baik. (2) Perolehan skor yang berkaitan dengan aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi kategori baik. (3) Indikator keberhasilan penelitian yang berkaitan dengan hasil geografi siswa menunjukan bahwa kriteria ketuntasan minimal sebesar ≥ 75 dapat tercapai yaitu terdapat 80% dari keseluruhan siswa memperoleh nilai ≥ 75 Kata Kunci : ModelProblem Based Learning; Hasil Belajar Siswa 
Institution Info

Universitas Halu Oleo