DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENCOCOKKAN GAMBAR DI KELOMPOK A TK WULELE SANGGULA I KENDARI
Total View This Week81
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
NARNI, A1H115029
Subject
Kemampuan kognitif 
Datestamp
2020-02-19 03:28:35 
Abstract :
ABSTRAK Narni (2019). “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Mencocokkan Gambar di Kelompok A TK Wulele Sanggula I Kendari”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Pembimbing I Dra. Dorce Banne Pabunga, M. Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Arvyaty, M.Si., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah kegiatan mencocokkan gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Wulele Sanggula I Kendari? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan mencocokkan gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Wulele SanggulaUHOIKendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok A TK Wulele SanggulaidI Kendari yang berjumlah 8 orang anak didik yang terdiri atas 5 orang anak.perempuan dan 3 orang anak laki-laki. Berdasarkan analisis data pada siklus I sesuai dengan lembar observasi aktivitas mengajar guru ac sebanyak 15 aspek Perpustakaan yang diamati, terdapat 12 aspek yang terlaksana dengan perolehan persentase .sebesar 80%. Sedangkan lembar observasi aktivitas belajar anak sebanyakuho15aspek yang diamati, terdapat 11 aspek yang terlaksana dengan perolehan persentase sebesar 73,33%. Untuk hasil kemampuan kognitif anak melalui kegiatan mencocokkan gambar pada siklus I diperoleh presentase sebesar 62,5% dengan. 4 dari 8 anak yang diteliti memperoleh nilai bintang (***) BSH sitedi (Berkembang Sesuai Harapan), dan 1 dari 8 anak yang diteliti mendapat nilai (***) BSB (Berkembang Sangat Baik). Pada siklus II, persentase lembar aktivitas kegiatan mengajar guru meningkat menjadi 100% atau 15 aspek telah terlaksana. Sedangkan aktivitas kegiatan belajar anak meningkat menjadi 93,33% atau 14 aspek yang terlaksana. Untuk hasil kemampuan kognitif anak melalui kegiatan mencocokkan gambar pada siklus II diperoleh presentase sebesar 100% dengan 3 dari 8 anak yang diteliti memperoleh nilai bintang (***) BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan 5 dari 8 anak yang diteliti mendapat nilai (***) BSB (Berkembang Sangat Baik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif anak di kelompok A TK Wulele Sanggula I Kendari dapat ditingkatkan melalui kegiatan mencocokkan gambar. Kata kunci : kemampuan kognitif, kegiatan mencocokkan gambar. 
Institution Info

Universitas Halu Oleo