DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISIWA PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 99 KENDARI
Total View This Week45
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
RISKAWATI, A1G1 15 037
Subject
Model Pembelajaran 
Datestamp
2019-11-08 02:26:42 
Abstract :
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IVB SD Negeri 99 Kendari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretestposttes Desain. Alur dalam penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian diberikan Prettes, kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan yaitu penerapan model pembelajaran Problem based learning, setelah itu Posttes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 99 Kendari, dengan teknik Purposive Sampling diperoleh kelas IVB sebagai kelas penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes yaitu berupa pemberian instrument test hasil belajar PKn siswa berupa esay. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inverensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 14.65 dan pada Posttest diperoleh nilai rata-rata 17.04. Sedangkan hasil analisis inverensial sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan t satu sampel (one sampel test) dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas. Data yang digunakan dalam uji normalitas dan uji hipotesis berbentuk skor Normalized Gain (N-Gain). Berdasrkan hasil uji normalitas diperoleh data N-Gain hasil belajar siswa berdistribusi normal selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan satu sampel (one sampel test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung =10,116 sedangkan ttabel adalah 2,074. Karena thitung >t tabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Based learning berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada tema indahnya keragaman di negeriku siswa kelas IVB SD Negeri 99 Kendari. Kata Kunci : Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas Halu Oleo