DETAIL DOCUMENT
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MASYARAKAT BETERNAK KAMBING KACANG DI KECAMATAN SIOMPU KABUPATEN BUTON SELATAN
Total View This Week84
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
SAHARA, L1A1 15 123
Subject
Peternakan 
Datestamp
2019-11-08 03:16:35 
Abstract :
ABSTRAK SAHARA (L1A115123) :Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Masyarakat Beternak Kambing Kacang di Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Pembimbing (LA ODE ARSAD SANI dan MUSRAM ABADI). Motivasi masyarakat sangat penting dalam proses pengembangan usaha khususnya usaha ternak kambing kacang. Kecamatan Siompu merupakan daerah di Kabupaten Buton Selatan yang masyarakatnya memiliki motivasi tinggi dalam mengembangkan usaha ternak kambing.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat di Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan termotivasi untuk beternak kambing kacang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2019 di Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja (Purposive Sampling)dengan memilih 8 Desa di Kecamatan Siompu yakni Desa Karae, Desa Batuawu, Desa Wakinamboro, Desa Nggula-Nggula, Desa Biwinapada, Desa Kaimbulawa, Desa Waindawula dan Desa Lontoi. Sedangkan jumlah sampel ditentukan secara sengaja (Purposive Sampling) dengan mengambil 67 peternak sebagai responden yaitu peternak yang sudah pernah menjual ternak kambing. Variabel yang diukur pada penelitian ini adalah variabel pendapatan, luas lahan kandang, ketersediaan pakan dan pemasaran/harga ternak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : faktor pendapatan, luas lahan kandang, ketersediaan pakan dan pemasaran/harga ternak secara simultan berpengaruh signifikan terhadap motivasi masyarakat beternak kambing di Kecamatan Siompu Kabupaten Buton Selatan (P<0,01), faktor jenis pakan (P<0,01) dan pemasaran/hargaternak (P<0,05) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap motivasi masyarakat. Faktor pendapatan, luas lahan kandang, ketersediaan pakan dan pemasaran/harga ternak berpengaruh 88,4% terhadap motivasi masyarakat beternak kambing sedangkan 11,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi seperti modal, hobi, pengetahuan, jumlah kepemilikan ternak. Kata Kunci : Motivasi, Kambing Kacang, kandang, pakan 
Institution Info

Universitas Halu Oleo