DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP VOLUME KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS V SDN 30 KENDARI
Total View This Week47
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
JUMADIN AWAL, A1B314018
Subject
Model Pembelajaran 
Datestamp
2019-11-18 06:40:28 
Abstract :
ABSTRAK JUMADIN AWAL (A1B3 14 018) “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Volume Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas V SDN 30 Kendari. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP. Universitas Halu Oleo. Pembimbing : (1) Dra. Yoo Eka Yana Kansil, M.Pd. dan (2) Dr. La Ili, S.Pd,. M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Model PBL dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep volume kubus dan balok pada siswa Kelas Vb SDN 30 Kendari ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap kemampuan pemahaman konsep volume kubus dan balok pada siswa Kelas Vb SDN 30 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semi (quasi eksperimen) dengan desain penelitian berbentuk Pretest-Posttest Group. Desain. Alur dalam penelitian ini adalah kelas yang digunakan untuk penelitian diberikan Pretest kemudian dilanjutkan dengan pemberian perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), setelah itu diberikan Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SDN 30 Kendari dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh kelas Vb SDN 30 Kendari sebagai kelas atau sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes yakni tes pemahaman konsep volume kubus dan balok berupa tes essai. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 31,19 pada kelas control, sedangkan pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 32,76. Hasil analisis deskriptif posttest kelas control diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,19, sedangkan hasil analisis deskriptif posttest kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,14. Pada hasil analisis inferensial, sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t paired sample test dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas. Data yang digunakan dalam uji normalitas dan uji hipotesis berbentuk skor Normalized Gain (N-Gain). Berdasarkan hasil uji nornalitas diperoleh data pretest sig. = 0,038. Karena data tersebut berdistibusi normal, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t paired sample test dengan taraf kepercayaan 95 %. Berdasarkan nilai setengah sig. (2-tailed) < nilai ɑ (ɑ = 0,001) sig. (2-tailed = 0,001 < ɑ = 0,05), sehingga H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas Vb pada materi volume kubus dan balok dengan taraf kepercayaan 95%. Kata Kunci : Problem Based Learning¸ Pemahaman Konsep 
Institution Info

Universitas Halu Oleo