DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETWOSTAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 2 KUSAMBIPADA MATERI POKOK LITOSFER DAN PEDOSFER
Total View This Week12
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
SABARUDIN, A1A4 13 064
Subject
Pendidikan 
Datestamp
2019-11-19 05:57:22 
Abstract :
ABSTRAK Abstrak:Secara umumPenelitian ini bertujuanUntuk menentukan peningkatan hasilbelajar geografi siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Kusambi yang diajar dengan modelpembelajaran Kooperatif tipeTwo Stay Two Stray (TSTS)materi pokok Litosfer danPedosfer. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjekpenelitian adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 2 Kusambi yang terdaftar padasemester genap tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 20 orang siswa. Dari hasilpenelitian diperoleh kesimpulan bahwa:1)bagaimanaaktivitas belajar siswa kelasX-3 SMA Negeri 2 Kusambi yang di ajarkan dengan model pembelajaranTwo Stay TwoStray (TSTS)pada siklus I skor rata-rata aktivitas siswa adalah 2,27 yang termasukkategori cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 3,80 yang berkategori baik;2)bagaimana aktivitas mengajar guru siklus I skor rata-rata aktivits menajar guruadalah 2,18 yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 3,71yang berkategori baik; 3). Terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.Dimana padasiklus I nilai rata-rata hasil belajar sebesar 61,4 dengan persentaseketuntasan sebesar 60% dan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar sebesar 77,9dengan persentase ketuntasansebesar 80%. Kata Kunci: Model PembelajaranTwo Stay Two Stray, Proses, HasilBelajar 
Institution Info

Universitas Halu Oleo