DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELAS PADA PEMBELAJARAN PKn DI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 MAWASANGKA
Total View This Week13
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
NURIANA, A1A314048
Subject
Model Pembelajaran 
Datestamp
2019-11-20 06:47:59 
Abstract :
ABSTRAK NURIANA (A1A3 14 048) “Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Dalam Pembelajaran PKn Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah Tentang Materi Pembukaan Uud 1945” Dibimbing Oleh Karsadi selaku pembimbing Idan Hamuni selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk:1)mengetahui penerapan model pembelajaran diskusikelas oleh guru pendidikan pancasia dan kewarganegaraan dalam pembelajaran PKndi SMANegeri 2 Mawasangka Tengah; 2)mengetahui hambatan yang dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila di SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepalasekolah, Guru Pendidikan Kewarganegaraan, dan Siswa. Teknik pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan wawancara, observasi kelas, dan dokumentasi. Teknikpemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber data dari hasilwawancara, observasi kelas, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)Penerapan model pembelajarandiskusikelaspada pembelajaranPKnsiswakelas X IPS SMA Negeri 2 Mawasangka Tengah belum maksimal, artinya belum sepenuhnya dilaksanakan sesuai sintaks pembelajaran. 2)Hambatan-hambatan yang dihadapi guru PKn kelas X IPSSMANegeri 2 Mawasangka Tengah dalam menerapkan model pembelajaran diskusi adalah: (1) Guru PKn kurang terampil menerapkan model pembelajaran diskusi kelas;(2) factor lingkungan belajar; (3) keterbatasan waktu pembelajaran; (4) keterbatasan media pembelajaran;(5) iklim kelas yang tidak kondusif pada saat pembelajaran berlangsung. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1) penerapan model pembelajaran diskusi kelas pada pembelajaran PKn siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 MawasangkaTengah belum maksimal danhambatan yang dihadapi guru PKnyaitu: Guru PKn kurang terampil menerapkan model pembelajaran diskusi kelas,faktor lingkungan belajar, dan keterbatasan waktu. Kata Kunci :Model Diskusi Kelas Pembelajaran PKn 
Institution Info

Universitas Halu Oleo