Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Irawan, Renaldi Pebridiansyah
Sutema, Ida Ayu Manik Partha
Dharmadi, I Made
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2023-03-11 01:07:12
Abstract :
Latar belakang : Banyaknya jumlah Apotek disuatu daerah dapat menimbulkan persaingan yang semakin lama semakin ketat. Situasi ini terjadi karena rata-rata Apotek masih menerapkan cara yang konvensional,tanpa berpikir untuk meningkatkan mutu pelayanan. Sehingga dapat mewujudkan pelayanan kefarmasian yang lebih prima. Salah satu indikator mutu pelayanan kefarmasian di Apotek adalah waktu tunggu penyelesaian resep. Tujuan : Mengetahui gambaran, faktor -faktor yang mempengaruhi dan perbedaan kecepatan waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan dari perbandingan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep racikan elektronik dan resep racikan manual di Apotek Vidyan Medika. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode cross - sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah sebanyak 160 resep, dengan perbandingan resep racikan elektronik sebanyak 80 resep dan resep racikan manual sebanyak 80 resep. Data yang diperoleh diuji terdahulu dengan uji normalitas sebagai prasyarat analisis data sebelum melakukan uji Independent Samples T-Test. Hasil : Dalam penelitian didapatkan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep racikan elektronik yaitu 15,65 menit dan 22,01 menit untuk resep racikan manual. Sedangkan hasil pengolahan data, didapatkan nilai T-hitung waktu tunggu pelayanan resep racikan manual dan resep racikan elektronik adalah 12.122 dengan probabilitas (Sig.) 0,000. Karena probabilitas (Sig.) 0,000 <0,05, maka hipotesis di terima. Kesimpulan : Berdasarkan uji Independent Samples T-Test resep racikan elektronik dan resep racikan manual memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep racikan elektronik lebih cepat 6,36 menit dibandingkan rata-rata waktu tunggu pelayanan resep racikan manual.