DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSUD SANJIWANI GIANYAR
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Gunawati, Ni Putu Devy Pradnya
Putri, Dhiancinantyan Windydaca Brata
Reganata, Gde Palguna
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-03-11 01:11:24 
Abstract :
Latar Belakang: Kualitas Pelayanan informasi obat dapat dilihat sebagai faktor untuk megetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian. Kepuasan pasien diukur menggunakan lima dimensi SERVQUAL, yaitu reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Tujuan: Melihat hubungan antara kualiats pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di instalasi farmasi rawat jalan RSUD Sanjiwani Gianyar. Metode: Desain penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional dan teknik Non Probability Sampling yaitu Convenience Sampling. Jumlah sampel yaitu 391 responden. Alat pengumpulan data yaitu lembar kuesioner. Pengolahan data menggunakan SPSS 15 dengan melakukan analisis data uji Chi-square. Hasil: Hasil analisis uji Chi-Square, dimensi reliability 0.000 (p-value <0,05) dengan nilai contingency coefficient 0,532 terdapat hubungan yang sedang antara dimensi reliability terhadap tingkat kepuasan. Dimensi responsiveness 0.000 (pvalue <0,05) dengan nilai contingency coefficient 0,418 terdapat hubungan yang sedang antara dimensi responsiveness terhadap tingkat kepuasan. Dimensi assurance 0.000 (p-value <0,05) dengan nilai contingency coefficient 0,537 terdapat hubungan yang sedang antara dimensi assurance terhadap tingkat kepuasan. Dimensi emphaty sebesar 0.000 (p-value <0,05) dengan nilai contingency coefficient 0,497 terdapat hubungan yang sedang antara dimensi emphaty terhadap tingkat kepuasan. Dan untuk dimensi tangible 0.000 (p-value <0,05) dengan nilai contingency coefficient 0,599 terdapat hubungan yang sedang antara dimensi tangible terhadap tingkat kepuasan pasien. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara Kualitas Pelayanan Informasi Obat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Sanjiwani Gianyar. 
Institution Info

UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL