DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN ACADEMIC BURNOUT PADA SISWA SMA X DENPASAR SELAMA MENGIKUTI BLENDED LEARNING DI MASA PANDEMI COVID-19
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Sari, Wulan Reformas Nur Indah
Aryanata, Nyoman Trisna
Andhini, Luh Putu Ratih
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2023-03-06 09:56:35 
Abstract :
Siswa SMA yang tergolong remaja, idealnya mementingkan pencapaian prestasi untuk tahapan perkembangan berikutnya. Kenyataannya, terdapat fenomena academic burnout pada siswa SMA X Denpasar selama menjalani blended learning masa pandemi COVID-19 ditandai dengan timbulnya kelelahan, sinisme dan merasa tidak kompeten dalam menghadapi tuntutan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan academic burnout pada siswa SMA X Denpasar selama mengikuti blended learning di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini berjenis cross sectional analitik dan telah mendapatkan keterangan kelaikan etik. Populasi berjumlah 235 siswa SMA X Denpasar dengan sampel penelitian sebanyak 161 siswa menggunakan simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala academic burnout adaptasi Maharani (2019) dengan reliabilitas sebesar 0,832 dan skala harga diri adaptasi dari Maharani (2019) dengan reliabilitas sebesar 0,703. Dilakukan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi dan regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif academic burnout siswa SMA X Denpasar berada dalam kategori sedang sebesar 47% menunjukan nilai tinggi dalam aspek kelelahan akibat tuntutan studi. Harga diri siswa SMA X Denpasar berada dalam kategori tinggi sebesar 57% dengan aspek kompetensi yang tinggi. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan adanya hubungan yang bersifat negatif bernilai -1,123. Artinya, semakin tinggi harga diri, maka semakin rendah academic burnout dan sebaliknya, sehingga siswa SMA X Denpasar masih dapat menjalani tuntutan studi baru, yaitu blended learning masa pandemi COVID-19. Kontribusi variabel harga diri terhadap academic burnout sebesar 39%. Disarankan dapat mengkaji academic burnout dengan mengembangkan faktor lain secara kompleks. 
Institution Info

UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL