DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN INTENSITAS MENDENGARKAN MUSIK POPULER TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA AKHIR DI UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Dewi, Ni Putu Septian Eka Cahya
Astaningtias, Ni Made Irene Novianti
Dewi, Anak Agung Sagung Suari
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2023-05-17 04:59:02 
Abstract :
Masa remaja dikenal sebagai masa storm and stress, dimana terjadi pergolakan emosi yang diiringi dengan pertumbuhan fisik. Adanya perubahan dalam perkembangan remaja akhir berpengaruh terhadap kondisi emosi remaja akhir. Beberapa penelitian menjelasakan bahwa musik membantu meningkatkan kecerdasan emosional. Individu cenderung mendengarkan musik untuk mengubah suasana hati, salah satunya ketika individu merasa cemas. Salah satu aliran musik yang digemari remaja yaitu musik populer. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan intensitas mendengarkan musik populer terhadap kecerdasan emosional remaja akhir di Universitas Bali Internasional. Penelitian ini menggunakan analisis statistik regresi linear sederhana. Partisipan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa aktif angkatan 5 Universitas Bali Internasional dengan rentang usia 18-21 tahun. Teknik pengumpulan sampel penelitian ini menggunaan teknik purposive sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala intensitas mendengarkan musik populer untuk mengukur intensitas remaja dalam mendengarkan musik populer, dan skala kecerdasan emosional untuk mengukur kecerdasan emosional remaja akhir. Pengambilan data dilaksanakan melalui google form. Hasil penelitian dengan regresi linier sederhana memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (? < 0,05) dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,951 yang dapat diartikan ada hubungan positif intensitas mendengarkan musik populer terhadap kecerdasan emosional remaja akhir di Universitas Bali Internasional. Apabila intensitas mendengarkan musik populer tinggi, maka kecerdasan emosional remaja akan tinggi, begitu juga sebaliknya. Intensitas mendengarkan musik memberikan kontribusi sebesar 75,3% terhadap kecerdasan emosional dan 24,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Saran bagi remaja akhir yaitu diharapkan mampu meningkatkan intensitas mendengarkan musik populer agar kecerdasan emosional semakin meningkat. Saran untuk peneliti selanjutnya, agar peneliti dapat memfokuskan pada salah satu jenis musik dan melihat aspek ? aspek kecerdasan emosional yang dipengaruhi oleh musik secara spesifik. 
Institution Info

UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL