Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Sukarya, Kadek Octa Mahendra
Sutema, Ida Ayu Manik Partha
Maharjana, Ida Bagus Nyoman
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2023-03-11 00:44:59
Abstract :
Salah satu upaya dalam menjaga mutu pelayanan kefarmasian adalah dengan evaluasi kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian yang ada di suatu tempat pelayanan kesehatan, harapan dan persepsi pada akhirnya akan menentukan tingkat kepuasan suatu pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan pasien BPJS Kesehatan rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ari Canti Gianyar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode cross sectional analitic dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kepuasan diukur dengan menggunakan metode servqual yaitu membandingkan skor persepsi dengan skor harapan responden. Penelitian dilakukan di IFRS Ari Canti Gianyar yang bekerja sama dengan BPJS. Responden penelitian sebanyak
100 orang yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil penilaian kuesioner menunjukan skor harapan yang sangat tinggi (4,69) pada seluruh dimensi mutu pelayanan. Skor persepsi memiliki klasifikasi pada kategori tinggi (4,05). Tingkat kepuasan menunjukan rata ? rata skor kepuasan pasien pada klasifikasi sedang dengan skor rata ? rata (-0,64). Terdapat hubungan yang signifikan serta kolerasi yang cukup antara tingkat kepuasan pada pelayanan kefarmasian pasien BPJS di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Ari Canti Gianyar.