DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN PADA PROGRAM RUJUK BALIK (PRB) DI APOTEK KABUPATEN BADUNG
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Putra, I Kadek Adi Jayana
Bakta, I Made
Apsari, Dewi Puspita
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-03-11 00:43:25 
Abstract :
Kualitas pelayanan program rujuk balik (PRB) di apotek kabupaten Badung belum pernah dilakukan evaluasi, salah satu cara mengevaluasi adalah dengan mengukur tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan tersebut. Harapan dan persepsi pada akhirnya mampu menentukan tingkat kepuasan terhadap suatu pelayanan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan program rujuk balik PRB di apotek kabupaten badung. Metode: Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah kuesioner yang sudah diuji validilitas dan reliabilitas Kepuasan diukur menggunakan metode servqual yaitu membandingkan skor harapan dan persepsi responden. Uji Spearman Rho digunakan untuk menganalisis hubungan tingkat kepuasan pasien pada kualitas pelayanan kefarmasian pada PRB. Penelitian dilaksanakan di Apotek Kabupaten Badung yang bekerja sama dengan BPJS. Responden penelitian sebanyak 98 orang yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil: Hasil penilaian kuesioner menunjukkan skor harapan sangat tinggi (3,90) pada seluruh dimensi mutu pelayanan. Skor persepsi pasien memiliki Klasifikasi berada pada kategori tinggi sampai dengan sedang (2,52). Tingkat kepuasan menunjukkan rata ? rata skor kepuasan pasien berada pada klasifikasi rendah skor (-0,99) dan kolerasi sangat kuat serta signifikan. Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan serta kolerasi yang sangat kuat antara tingkat kepuasan pada kualitas pelayanan kefarmasian di PRB apotek Kabupaten Badung. 
Institution Info

UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL