DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSU PREMAGANA BATUBULAN
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Herlina, Ni Wayan
Dharmadi, I Made
Putri, Dhiancinantyan Windydaca Brata
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-03-11 01:02:14 
Abstract :
Latar belakang: pelayanan kefarmasian di rumah sakit merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang berorientasi kepada pelayanan pasien seperti pelayanan farmasi klinik. Kepuasan merupakan fungsi dari kesan kinerja dan harapan. Pasien baru akan merasa puas apabila kualitas pelayanan kefarmasian yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya. Tujuan: untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSU Premagana Batubulan. Metode: penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Rank Spearman. Hasil: hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian terhadap tingkat kepuasan pasien memiliki hubungan yang signifikan p-value 0,000 (p<0,05), dengan kekuatan hubungan 0,630 yang artinya memiliki hubungan yang kuat, karena semakin baik kualitas pelayanan kefarmasian maka semakin meningkat pula tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSU Premagana Batubulan. Kesimpulan : Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kefarmasian terhadap tingkat kepuasan pasien di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSU Premagana Batubulan. 
Institution Info

UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL