Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Ardiyanto, Prana Dika
Sutema, Ida Ayu Manik Partha
Dewi, Dewa Ayu Putu Satrya
Subject
RS Pharmacy and materia medica
Datestamp
2023-03-11 01:04:44
Abstract :
Latar belakang: Kepuasan merupakan fungsi dari kesan kinerja dan harapan. Pasien baru akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya sama atau melebihi harapannya, sebaliknya ketidakpuasan pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperoleh tidak sesuai harapannya. Tujuan: Mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan masyarakat dengan 5 demensi antara apotek indobat yang memiliki omzet tinggi dan apotek indobat yang memiliki omzet rendah. Metode: Survei analitik Cross Sectional dengan menggunakan 126 kuesioner memuat 5 dimensi antara lain Reliability, Responsiveness, Assurance, Tangible dan Empathy. Terdapat 20 pernyataan yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu untuk omzet rendah pada Apotek Indobat Pedungan sedangkan omzet tinggi pada Apotek Indobat Renon. Data diuji statistik dengan program IBM SPSS Statistic 22 menggunakan Mann-Whitney. Hasil: Persentase tingkat kepuasan masyarakat dari 5 dimensi berbeda signifikan. Apotek Indobat Renon mendapatkan rata-rata persentase tingkat kepuasan masyarakat sebesar 84.42% lebih besar dibandingkan Apotek Indobat Pedungan yang hanya 71.08%. Berdasarkan hasil statistik, diperoleh hasil yang berbeda bermakna (P<0,05) antara apotek indobat renon dengan apotek indobat pedungan. Kesimpulan: Terjadi perbedaan yang signifikan pada tingkat kepuasan masyarakat diantara apotek indobat renon beromzet tinggi dengan apotek indobat pedungan beromzet rendah.