DETAIL DOCUMENT
KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS 1 DENPASAR SELATAN
Total View This Week0
Institusion
UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL
Author
Christiani, Ni Putu Rischa
Dharmadi, I Made
Putri, Dhiancinantyan Windydaca Brata
Subject
RS Pharmacy and materia medica 
Datestamp
2023-03-11 01:04:46 
Abstract :
Salah satu instalasi pelayanan kesehatan adalah Puskesmas. Dalam melaksanakan upaya kesehatan masyarakat di puskesmas perlu ditunjang oleh adanya pelayanan kefarmasian. Pelayanan kefarmasian di puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan kepuasan pasien merupakan pengukuran penting yang mendasar bagi institusi. Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan pasien dan mengetahui hubungan pelayanan kefarmasian terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas 1 Denpasar Selatan. Penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penilitian ini adalah pasien rawat jalan yang mendapatkan layanan kefarmasian di Puskesmas 1 Denpasar Selatan dengan jumlah 400 responden. Pengambilan sampel berdasarkan teknik accindental sampling. Pelayanan kefarmasian dan tingkat kepuasan diukur melalui kuisioner dan analisa data hubungan kualitas pelayanan kefarmasian diuji menggunakan korelasi rank spearman dan kekuatan korelasi di uji dengan correlation coefficient. Hasil yang didapatkan dari 400 responden yaitu pelayanan kefarmasian menunjukkan 62,0% pasien merasa sangat baik dengan tingkat kepuasan menunjukkan 58,0% pasien merasa sangat puas. Hasil uji korelasi rank spearman p = 0,000 dan hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,559. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien di Puskesmas 1 Denpasar Selatan. 
Institution Info

UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL