Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari
Author
Renny, R
Subject
S1 Farmasi, STIKES Borneo Lestari
Datestamp
2022-02-15 03:39:29
Abstract :
Hipertensi merupakan tekanan darah persisten dengan tekanan darah
sistoliknya di atas 140mmHg dan diastoliknya di atas 90mmHg. Provinsi
Kalimantan Selatan menduduki urutan pertama yang mempunyai prevalensi
tertinggi di Indonesia yaitu 44,1 %. Kepatuhan pasien sangat diperlukan untuk
mencapai keberhasilan terapi. layanan pesansingkat pengingat dapat meningkatkan
kepatuhan pengobatan pasien hipertensi karena isi pesan yang informatif
menghasilkan kepuasan penerima dan mempengaruhi keputusan untuk melakukan
apa yang disampaikan isi pesan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui
perbedaan kepatuhan minum obat pasien hipertensi di Klinik Abdi Persada sebelum
dan setelah pemberian intervensi menggunakan layanan pesan singkat. Penelitian
ini merupakan penelitian non eksperimental karena diberikan perlakuan dengan
rancangan one group pre test and post test. Pengambilan sampel dilakukan dengan
metode total sampling dan memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel
penelitian ini berjumlah 70 orang. Pengumpulan data dengan wawancara pengisian
kuesioner MARS pre dan post intervensi dengan layanan pesan singkat.
Berdasarkan hasil penelitian, hasil menunjukan bahwa pemberian layanan pesan
singkat pengingat berpengaruh terhadap kepatuhan minum obat pasien hipertensi
di Klinik Abdi Persada Banjarmasin dimana p value uji Wilcoxon 0,000 (p<0,005).
Hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian intervensi menggunakan layanan
pesan singkat pengingat pada pasien hipertensi bermanfaat dalam mengubah
kepatuhan minum obat pasien.