DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN IPS TOPIK SUMBER DAYA ALAM KELAS IV SD NEGERI 4 BANYUBIRU TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Kumara, Deni
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2022-02-18 01:08:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran IPS pada topik sumber daya alam kelas IV SD yang teruji validitasnya. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang memiliki lima tahap, yaitu: tahap anasilis (analysis), tahap desain (design) tahap pengembangan (development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah media video pembelajaran, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media video. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Data kuantitatif yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui validitas media video pembelajaran. Uji validitas video pembelajaran videoscribe menghasilkan data berupa skor yang dihitung rata-ratanya kemudian dikonversi kedalam pedoman skala lima. Pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid dengan (1) rata-rata ahli media 4,16, dengan kualifikasi sangat baik. (2) rata-rata ahli materi 4,86, dengan kualifikasi sangat baik. (3) review praktisi (guru) 4.6 (4)review siswa uji perseorangan 4,78 dengan kualifikasi sangat baik. (5) review siswa kelompok kecil 4,89 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa pengembangan produk media pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5, dengan kualifikasi “sangat baik”. Dengan demikian dapat diindikasikan bahwa media pembelajaran dinyatakan sangat baik 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha