DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI DI KOTA SINGARAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Ariyantini, Ni Luh Putu Mei
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-22 01:19:27 
Abstract :
Penelitian ini membahas tentang masalah masih rendahnya prestasi belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa; 2) mendeskripsikan hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa, dan 3) mendeskripsikan hubungan antara regulasi diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa. Metode yang digunakan yaitu korelasional dengan desain ex-post facto. Seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri di Kota Singaraja yang berjumlah 267 siswa menjadi populasi penelitian ini. Jumlah sampel 185 siswa, diambil dengan teknik proportional random sampling. Data regulasi diri dan motivasi berprestasi diambil menggunakan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar fisika menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji asumsi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda yang dirangkum kedalam uji hipotesis, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan regulasi diri siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata 145,72 dan standar deviasi 14,82 motivasi berprestasi siswa berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata 122,40 dan standar deviasi 13,41 dan prestasi belajar fisika berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 58,70 dan standar deviasi 14,43. Simpulan penelitian ini yaitu yang pertama terdapat hubungan positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 1,75%, kedua terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 20,40%, dan yang ketiga terdapat hubungan positif secara bersama-sama antara regulasi diri dan motivasi berprestasi dengan prestasi belajar fisika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 22,20%. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha