DETAIL DOCUMENT
Strategi Implementasi Model Evaluasi Context Input Process Product (CIPP) pada Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Peduli Siswa terhadap Tata Kelola Kesehatan di SMA Negeri 3 Denpasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Manohari, Ni Made Lalita
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-18 09:35:30 
Abstract :
Strategi Implementasi Evaluasi Contex, Input, Process dan Product (CIPP) terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui sosialisasi dapat meningkatkan pemahaman dan sikap peduli siswa terhadap tata kelola kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi model evaluasi Contex, Input, Process dan Product (CIPP) pada pelaksanaan program UKS dalam bentuk sosialisasi dapat meningkatkan pemahaman dan sikap peduli siswa terhadap tata kelola kesehatan. Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu (quasi experimental) dengan rancangan randomized pre and posttest group design (treament by subject). Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 3 Denpasar. Pengambilan sample dilakukan secara acak sebanyak 35 siswa. Analisis data dilakukan dengan uji t-paired pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis data menunjukan strategi implementasi evaluasi Contex, Input, Process, Product (CIPP) terhadap Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dalam bentuk sosialisasi meningkatkan pemahaman tata kelola kesehatan pada siswa sebesar 58,65% antara periode I dan periode II dengan nilai p=0,0001 (p<0,05) serta meningkatkan sikap peduli siswa terhadap tata kelola kesehatan sebesar 17,90% antara periode I dan periode II dengan nilai p=0,0001 (p<0,05). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa strategi implementasi evaluasi context, input, process dan product dalam bentuk sosialisasi meningkatkan pemahaman dan sikap peduli siswa terhadap tata kelola kesehatan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha