DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATA PELAJARAN DESAIN PUBLIKASI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Verayanti, Ni Made
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-19 13:44:53 
Abstract :
Pengembangan konten pembelajaran interaktif mata pelajaran Desain Publikasi sangat diperlukan untuk menarik minat siswa dalam belajar Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan, mengimplementasikan dan mendeskripsikan respons guru dan peserta didik terhadap pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis Experiential Learning pada mata pelajaran Desain Publikasi di SMK Negeri 1 Sukasada. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan ( R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Desain Komunikasi Visual dan satu guru pengajar mata pelajaran Desain Publikasi. Dalam penelitian ini, pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, kelompok kecil, lapangan, angket uji respons guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan dan implementasi konten pembelajaran interaktif berbasis experiential learning pada mata pelajaranDesain Publikasi berhasil diterapkan berdasarkan hasil uji validasi dari ahli isi, ahli desain dan media pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 1,00 dengan kriteria Sangat Valid, 2) Hasil uji efektivitas konten pembelajaran interaktif dengan pemberian pre-test dan post-test memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan interpretasi efektif, 3) Hasil dari perhitungan respons guru mendapatkan skor rata-rata sebesar 43 dan skor rata-rata peserta didik sebesar 64.31, kedua perhitungan tersebut termasuk dalam kategori Sangat Praktis. Kata kunci: Konten Interaktif, Desain Publikasi, Experiential Learning, ADDIE. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha