DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Media Pembelajaran Daring Multimodal pada Google Classroom untuk meningkatkan Minat dan Keatifan Belajar Matematika Siswa Kelas VII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Saputra, Kadek Agus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-19 03:44:04 
Abstract :
Saputra, Kadek Agus (2020), Pengembangan Media Pembelajaran Daring Multimodal Pada Google Cassroom untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar siswa kelas VII. Tesis. Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr.Phill. I Gst. Putu Sudiarta, M.Si dan Pembimbing II : Prof. Dr. I Nengah Suparta, M.Si Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimodal, Minat belajar, Keaktifan belajar Matematika. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran multimodal pada google classroom untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan menggunakan model Plom yang terdiri dari 3 fase yaitu Preliminary Research, Prototyping, dan Assessment. Media yang dikembangkan berupa video, teks dan materi diskusi yang diuji vaiditas, kepraktisan dan keefektifan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIB SMP Pelangi Dharma Nusantara Data validitas media pembelajaran dikumpulkan dengan angket media pembelajaran yang diberikan kepada 1 orang dosen sebagai pakar dan 1 orang guru sebagai praktisi, serta data kepraktisan dikumpulkan menggunakan angket siswa dan guru. Data yang terkumpul dianalisis secara deskripsi kualitatif. penelitian menunjukkan bahwa: 1) karakteristik media pembelajaran multimodal yang dikembangkan berupa: a) video pembelajaran dikemas menarik dengan animasi serta penalaran dan pemahaman jelas agar siswa merasa nyaman dengan tampilan video pembelajaran yang diberikan. b) teks pada bagian ini dibuat detail, jelas serta menarik sehingga siswa dapat memperoleh kejelasan dan kelengkapan materi yang diajarkan, c) materi diskusi yang dibuat oleh guru didiskusikan oleh siswa melalui ruang diskusi pada google classroom dengan beberapa materi yang diajarkan, selain dari video dan teks pembelajaran. 2) Hasil uji coba yang dilakukan pada 6 kali pertemuan didapatkan bahwa a) terjadi peningkatan rata-rata skor kuis yang dibuat pada google form dalam proses belajar siswa pada kedua kelas. Peningkatan rata-rata skor kuis pada kelas VIIA yaitu 76,53, 80,38, 80,76, 81,15, 82,30, dan 83,07 serta pada kelas VIIB yaitu 78,84, 81,92, 82,30, 82,69, 83,07, dan 83,46. b) siswa nampak antusias dan memberikan respon baik terhadap media pembelajaran multimodal. c) guru memberi respon dengan kategori baik terhadap media pembelajaran multimodal yang dikembangkan. Disarankan kepada guru matematika agar menggunakan media pembelajaran multimodal ini dalam pembelajaran daring. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha