DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SD KELAS V
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Supriyani, Made Dian
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-02-20 23:26:05 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi pembelajaran IPA yang teruji validitasnya untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE sebagai pedoman. Adapun tahap-tahap yang digunakan model ini yaitu: tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), tahap evaluasi (evaluation). Namun, karena situasi saat ini pandemi covid-19 tahapan implementasi dan evaluasi tidak dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli materi pelajaran IPA, 2 orang ahli media video pembelajaran, 2 orang praktisi dan 12 orang respon siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen berupa rating scale 5 dengan lembar penilain validitas video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji validitas oleh ahli materi diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,63, berdasarkan uji validitas oleh ahli media diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,30, berdasarkan uji validitas oleh praktisi diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,8 dan berdasarkan uji validitas oleh respon siswa diperoleh persentase validitas video animasi pembelajaran IPA sebesar 4,52. Dari hasil analisis uji validitas yang dilaksanakan diketahui bahwa video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V yang dikembangkan dapat dikualifikasikan “sangat tinggi”. Sehingga penelitian ini menghasilkan video animasi pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA SD kelas V yang sudah teruji validitasnya layak digunakan dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha