DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEKS RESENSI BERORIENTASI E-LEARNING KELAS XI DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Hasanah, Gamma Uswatun
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-19 06:41:04 
Abstract :
Penelitian terhadap pengembangan perangkat pembelajaran dalam materi teks resensi dengan berorientasi e-learning dilakukan di kelas XI MIPA 6, XI MIPA 7, serta XI MIPA 8 SMA Negeri 1 Singaraja dikarenakan guru hanya menggunakan perangkat pembelajaran yang tersedia tanpa membuat perangkat pembelajaran sendiri dan tidak memanfaatkan teknologi yang ada. Penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif-kuantitatif ini dilaksanakan guna mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan serta keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Tingkat validitas diperoleh melalui angket penilaian oleh dua validator dan menunjukkan hasil yang sangat valid dengan perolehan nilai RPP 98,9%; bahan ajar 96,5%; media pembelajaran 96,25%; asesmen 100%; dan portal e-learning 100%. Tingkat kepraktisan diperoleh melalui angket respons terhadap penggunaan perangkat pembelajaran dan menunjukkan hasil praktis dengan perolehan nilai guru pengajar 86,11%; peserta didik kelompok kecil 83,33%; dan peserta diidk kelompok eksperimen 80,84%. Tingkat keefektifan diperoleh melalui perbedaan yang signifikan terhadap nilai hasil belajar kelompok eksperimen serta kelompok kontrol, yakni 80,54 dan 76,05. Adapun kesimpulan yang didapatkan adalah perangkat pembelajaran menunjukkan hasil yang sangat valid, praktis, serta efektif. Adapun saran terkait penelitian ini yakni agar penelitian ini dapat dijadikan referensi terhadap perangkat pembelajaran yang akan digunakan dengan berorientasi e-learning agar terciptanya kondisi pembelajaran yang menarik dan inovatif, serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha