Abstract :
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM
BASED LEARNING MENGUNAKAN VIDEOSCRIBE PADA MATA
PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 1 BAKTISERAGA
TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Oleh
Rohaima Saragi, NIM 1711021012
Prodi Teknologi Pendidikan
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS dan video pembelajaran memiliki hasil belajar yang
rendah, dan belum mampu mendukung pembelajaran mata pelajaran IPS. Oleh
karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran dan
mengetahui keefektifan video pembelajaran dalam pembelajaran penelitian sosial.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Hasil validitas produk dianggap valid
dalam setiap evaluasi, a) persentase hasil evaluasi ahli isi pembelajaran dalam
kategori baik adalah 86%, b) persentase hasil evaluasi ahli desain pembelajaran
adalah 90%, kategori sangat baik, c) hasil review ahli media pembelajaran, 82%
kategori baik, d) hasil review tes individu, 95,93% kategori sangat baik, e) hasil
review tes kelompok, persentase kategori sangat baik 99,75% . Berdasarkan hal
tersebut, video pembelajaran penelitian sosial dapat meningkatkan motivasi serta
hasil belajar siswa dalam prosespembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, IPS, ADDIE