Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dwi Candra Oktariana, Kadek
Subject
AS Academies and learned societies (General)
Datestamp
2022-02-20 00:04:12
Abstract :
DEVELOPING AUTHENTIC ASSESSMENT RUBRIC FOR EFL
TEACHERS ON 6
TH
GRADE OF ELEMENTARY SCHOOL
By:
Kadek Dwi Candra Oktariana, NIM 1812021167
English Language Education Department, Ganesha University of Education,
Singaraja
E-mail: dwi.candra@undiksha.ac.id
ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rubrik penilaian autentik bagi guru
Bahasa Inggris sebagai bahasa asing kelas 6 SD di Kabupaten Buleleng berdasarkan
sintaksis discovery based learning, problem based learning, project based learning,
dan metode pembelajaran bahasa berbasis tugas. Metode Design and Development
digunakan sebagai metode penelitian. Model penelitian terdiri dari empat tahap
yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi. Guru dan siswa kelas 6
sekolah dasar menjadi subjek penelitian ini. Peneliti mengembangkan rubrik
berdasarkan blueprint yang mempertimbangkan silabus sekolah. Data untuk tahap
analisis diperoleh dari wawancara guru dan siswa, studi dokumen, dan observasi
RPP. Hasil analisis menunjukkan bahwa rubrik penilaian autentik diperlukan bagi
guru dan siswa. Penilaian ahli mengkategorikan rubrik sebagai rubrik yang sangat
baik. Diharapkan rubrik ini dapat membantu guru dan siswa untuk meningkatkan
kualitas belajar mengajar bahasa Inggris.
Kata kunci: penilaian otentik, rubrik, pembelajar usia dini.