Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengujicobakan aplikasi Mentimeter.
sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X di SMA Negeri 1 Baturiti.
Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen pendekatan kuantitatif.
Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1
Baturiti dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah efektivitas
Mentimeter pada pelajaran Bahasa Indonesia. Menggunakan dua kelas sebagai
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Ada dua proses yang dilaksanakan
dalam penelitian ini yaitu tahap pretest dan tahap posttest. Teknik pengumpulan
data penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Data dianalisis dengan
menggunakan uji prasyat dengan data normal dan berdistribusi homogen. Pada uji
hipotesis diperoleh hasil dari SPSS menunjukkan bahwa Asymp.Sig 0.029<0.05.
Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dan sesudah
diberi perlakuan yang berbeda. Dapat disimpulkan penggunaan aplikasi
Mentimeter sebagai media pembelajaran daring efektif digunakan dalam pelajaran
Bahasa Indonesia pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Baturiti pada tahun
pembelajaran 2020/2021..