DETAIL DOCUMENT
THE DEVELOPMENT OF A MULTILINGUAL THEMATIC DIGITAL DICTIONARY FOR SIXTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Parmawati, Luh
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-19 10:10:48 
Abstract :
Tujuan dalam penelitian ini ialah mengembangkan kamus digital tematik multibahasa yang dapat membantu siswa sekolah dasar kelas enam meningkatkan kemampuan literasinya. Penelitian ini menerapkan metode Desain dan Pengembangan (D&D) oleh Richey and Klein (2007) serta terdiri dari empat tahapan yang disebut Analisis, Desain, Pengembangan, dan Evaluasi (ADDE). Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas enam sekolah dasar serta guru dari Sembilan sekolah dasar di Kabupaten Buleleng, Bali. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari empat, yaitu lembar observasi, pedoman wawancara, kuesioner, serta lembar penilaian ahli. Model analisis kebutuhan yaitu didapatkan dari adaptasi serta modifikasi model oleh Hutchinson and Waters (1987) yang berguna untuk memperoleh data terkait kebutuhan siswa serta guru dalam pengembangan kemampuan literasi. Produk didesain menggunakan teori dari Rozali (2015) dan melalui lima langkah pengembangan. Produk dinilai berdasarkan dua puluh tiga kriteria yang diadaptasi serta dimodifikasi dari Islam dan Purkayastha (2015); Setyawan (2016); Saptiani (2016); Asita dan Karim (2015); Pilihan (2019); dan Sharif (2012) serta Owen dan Lee (2004). Hasil dari penelitian ini ialah kamus digital tematik multibahasa yang mengandung 10 tema beserta daftar kata serta contoh kalimat dalam tiga bahasa (Bahasa Inggris-Bahasa Indonesia-Bahasa Bali), serta gambar dan suara. Hasil penilaian validitas konten yang dianalisis menggunakan Gregory Formula menunjukan validitas yang tinggi. Kemudian, hasil penilaian kualitas dianalisis melalui formula Nurkancana dan Sunartana (1992) yang menunjukan bahwa kamus digital tematik tiga bahasa dikategorikan sebagai media yang sangat baik. Kamus ini direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh siswa maupun sebagai media mengajar oleh guru dalam upaya mengembangkan kemampuan literasi. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha