DETAIL DOCUMENT
THE USE OF ENGLISH AS MEDIUM OF INSTRUCTION (EMI) FOR TEACHING AND LEARNING PROCESS IN PRIVATE KINDERGARTEN IN SINGARAJA DURING COVID-19 PANDEMIC
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Ariani, Luh Putu Dewi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-21 08:46:16 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bahasa Inggris yang digunakan sebagai media pengantar (EMI) dalam proses belajar mengajar selama pandemi di TK Aura Sukma Insani dan untuk menyelidiki masalah guru selama proses mengajar pelajar muda selama pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu studi kasus. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis dokumen. Subyek penelitian ini adalah 3 kelas (dengan 18-21 siswa setiap kelas) di tingkat B (usia 5-7). Wawancara semi terstruktur dengan tiga orang guru dan seorang kepala sekolah sebagai informan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar mengajar dari Brown. Studi ini menemukan bahwa bahasa Inggris sebagai media pengantar (EMI) diterapkan untuk mengajar mata pelajaran tematik. TK Aura Sukma Insani menerapkan blended learning dan menerapkan mode pembelajaran sinkron dan asinkron selama pandemi. Selain itu, untuk mendukung proses belajar mengajar dengan menggunakan EMI, pihak sekolah melibatkan orang tua untuk menjalankan program yaitu, program orientasi dan induksi, serta program refleksi dan tindak lanjut. Selain itu, masalah guru terutama tentang adaptasi, ikatan emosional, alokasi waktu yang terbatas, suasana hati dan fokus siswa, keterampilan dan karakter sosial siswa, persiapan guru, keterlibatan orang tua, kurangnya fasilitas dan keterampilan teknologi dan biaya. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha