DETAIL DOCUMENT
DEVELOPING ONLINE READING TASKS USING ONLINE LEARNING PLATFORMS BY THE ENGLISH TEACHER AT SMAS LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Setiawan, I Nengah Adi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-21 12:22:45 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati dua proses: 1) guru mengembangkan tugas membaca online, dan 2) guru mengintegrasikan tugas-tugas tersebut ke dalam platform pembelajaran online. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMAS Laboratorium Undiksha Singaraja. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan pedoman wawancara. Prosedur pengumpulan data dimulai dengan observasi online dan wawancara. Data dianalisis menurut kerangka analisis Miles dan Huberman (2002) yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, visualisasi data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) kegiatan digunakan untuk mengembangkan tugas membaca menggunakan platform pembelajaran online; 2) guru menggunakan lima platform untuk mengembangkan tugas membaca online, yaitu WhatsApp, Google Classroom, Youtube, Kahoot, dan Quizizz; dan 3) penggunaan platform online untuk mengembangkan tugas memotivasi siswa untuk belajar, meningkatkan minat belajar siswa, dan membantu siswa dalam belajar teknologi. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pemanfaatan platform online untuk mengembangkan tugas bermanfaat bagi kemampuan siswa untuk mempelajari teknologi. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha