DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KLARIFIKASI NILAI BERBASIS MULTIKULTUR TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 TEGALLALANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Udayana, Nyoman Agus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-20 09:03:43 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur terhadap karakter dengan mempertimbangkan sikap sosial pada Peserta didik Kelas VIII SMP N 3 Tegallalang. Penelitian menggunakan pendekatan eksperimen dengan treatment by level. Populasi terdiri dari 158 peserta didik terbagi dalam lima kelas. Pengujian kesetaraan kelas dilakukan dengan uji F menggunakan nilai hasil penilaian tengah semester (PTS). Ternyata semua kelas setara. Selanjutnya dipilih secara random 4 kelas sebagai sampel. Kelas kemudian dibagi dua secara random, menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya diberikan tes sikap sosial untuk memilih kelompok sosial tinggi dan rendah. Kelompok eksperimen diberikan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Data karakter peserta didik dikumpulkan dengan angket menggunakan skala Likert. Analisis data untuk uji hipotesis dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur, dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi 5%. Uji hipotesis memberikan hasil seperti berikut. 1) Terdapat perbedaan karakter antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur dan karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan sikap sosial terhadap karakter siswa. 3) Untuk siswa dengan sikap sosial tinggi, karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur lebih baik daripada karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran konvensional. 4) Untuk siswa dengan sikap sosial rendah, karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional lebih baik daripada karakter peserta didik yang mengikuti pembelajaran klarifikasi nilai berbasis multikultur. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha