DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI IPA SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Tresna Pradnya Yudana, I Ketut
Subject
AS Academies and learned societies (General) 
Datestamp
2022-02-22 03:50:20 
Abstract :
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI IPA SISWA KELAS VII SMP LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Oleh I Ketut Tresna Pradnya Yudana, NIM 1711021024 Program Studi Teknologi Pendidikan ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran dan untuk mengetahui validitas video pembelajaran menurut para ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencacatan dokumen dan metode kuesuoner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) proses pengembangan media pembelajaran meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) video pembelajaran dinyatakan valid melalui: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (80 %), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,11%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,42%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (97,5%), dan (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,55%). Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar video pembelajaran ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran. Kata-kata kunci: video pembelajaran, model ADDIE, validitas media. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha