Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Tresna Pradnya Yudana, I Ketut
Subject
AS Academies and learned societies (General)
Datestamp
2022-02-22 03:50:20
Abstract :
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN
KONTEKSTUAL PADA KOMPETENSI IPA SISWA KELAS VII SMP
LABORATORIUM UNDIKSHA SINGARAJA TAHUN PELAJARAN
2020/2021
Oleh
I Ketut Tresna Pradnya Yudana, NIM 1711021024
Program Studi Teknologi Pendidikan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan
video pembelajaran dan untuk mengetahui validitas video pembelajaran menurut
para ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan
uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan
model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan
kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencacatan
dokumen dan metode kuesuoner. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1)
proses pengembangan media pembelajaran meliputi 5 tahapan pengembangan
yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan
(development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi
(evaluation). (2) video pembelajaran dinyatakan valid melalui: (a) hasil review
ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (80 %), (b) hasil review ahli
desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,11%), (c) hasil review ahli
media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (91,42%), (d) hasil uji coba
perorangan dengan kualifikasi sangat baik (97,5%), dan (e) hasil uji coba
kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,55%). Secara umum hasil
penelitian menunjukan bahwa video pembelajaran valid dengan kualitas sangat
baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan
dari hasil penelitian ini yaitu agar video pembelajaran ini dapat digunakan secara
optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar
siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.
Kata-kata kunci: video pembelajaran, model ADDIE, validitas media.