DETAIL DOCUMENT
DEVELOPING TEACHER’S GUIDE TO PROMOTE ENGLISH LITERACY USING BLENDED LEARNING FOR LEVEL 1 BEGINNER
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Gusti Putu Rustika
Subject
PE English 
Datestamp
2022-02-21 03:36:49 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan guru untuk mempromosikan literasi bahasa Inggris menggunakan blended learning untuk tingkat 1 pemula. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan et al. (1974) terdiri dari mendefinisikan, merancang, mengembangkan, menyebarluaskan. Tentukan tahapan yang dihasilkan karakteristik produk yang dibutuhkan untuk mempromosikan literasi bahasa Inggris untuk tingkat 1 pemula. Pada tahap desain, draf awal produk dihasilkan. Tahap pengembangan menghasilkan draf akhir produk. Tahap sosialisasi meliputi pengemasan produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk analisis kurikulum dan angket untuk penilaian kualitas. Enam Unit Pelajaran dirancang dalam panduan guru ini dengan beberapa penyesuaian dengan karakteristik tingkat 1 pemula yang menyediakan pedoman untuk pengajaran daring dan luring. Penilaian kualitas dilakukan untuk mengevaluasi kualitas produk. Hasil penilaian kualitas dari tiga juri ahli menunjukkan bahwa pedoman guru termasuk dalam kategori sangat tinggi. Artinya, pedoman guru yang dikembangkan memiliki kualitas yang sangat baik. Pelaksanaan pengajaran bahasa Inggris menggunakan pedoman guru yang dikembangkan menunjukkan bahwa guru menerapkan Unit Pelajaran 1: About Me. Penerapan dilakukan kepada siswa kelas I di SDN 1 Banjar Tegal. Implementasi menunjukkan bahwa pedoman pengajaran daring yang disediakan dalam panduan guru dapat dilakukan melalui Whatsapp sebagai platform pembelajaran paling sederhana. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha