DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PEKUTATAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sulaksana, Gusti Kade Agus
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-22 01:25:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan pembelajaran elektronik (2) mengetahui validitas hasil pengembangan pembelajaran elektronik, (3) mengetahui efektivitas pembelajaran elektronik terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaran. Subjek penelitian 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 27 siswa untuk uji coba (3 siswa untuk uji coba perorangan, 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 27 siswa untuk uji coba lapangan). Metode pengumpulan data, yaitu pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistic inferensial (uji-t). Hasil penelitian (1) Pengembangan pembelajaran elektronik dengan model pengembangan Hannafin and Peck meliputi tiga tahapan, yaitu (a) penilaian kebutuhan, (b) desain/perancangan, (c) pengembangan dan implementasi. (2) Pengembangan pembelajaran elektronik valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (95,00%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (92,72%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (91,11%), (d) hasil uji coba perorangan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (92,98%), hasil uji coba kelompok kecil pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (91,46%), dan hasil uji coba lapangan pembelajaran elektronik berpredikat sangat baik (92,53%). 3) Pembelajaran elektronik yang dikembangan efektif meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaran. Disarankan agar mengembangkan pembelajaran elektronik sejenis secara mandiri, sebab dengan dikembangkannya pembelajaran elektronik sesuai dengan pelajaran yang di inginkan, maka akan dapat mengatasi permasalahan keterbatasan media, ruang dan waktu dalam pengelolaan proses pembelajaran. Kata-kata kunci : Elektronik, Pengembangan, Pendidikan Kewarganegaran. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha