DETAIL DOCUMENT
Efektivitas Video Saluran Youtube Biologi Edukasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 4 Singaraja
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Imamah, Nur Viki
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-22 06:06:43 
Abstract :
Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran di Sekolah berubah menjadi daring. Pembelajaran daring yang dilaksanakan pun belum lepas dari berbagai kendala, seperti media pembelajaran yang tidak interaktif dan menarik. Padahal, media pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan belajar. Kendala tersebut dirasakan dalam semua mata pelajaran, termasuk pada mata pelajaran Biologi di SMA. Melihat femonena tersebut, maka penelitian ini telah mengujicobakan saluran YouTube Biologi Edukasi dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran YouTube Biologi Edukasi berjalan efektif ditinjau dari hasil belajar siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pra-eksperimental dengan desain one shot case study. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2, SMA Negeri 4 Singaraja. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menilai karakteristik sebuah data dan menggunakan statistik untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video saluran YouTube Biologi Edukasi terbukti efektif terhadap hasil belajar, hal ini terlihat dari pencapaian nilai rerata hasil belajar di angka 82,05 berada di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75. Hasil kuesioner didapatkan nilai maksimum sebesar 61 yang tergolong dalam kategori sangat efektif dalam skala interval (61 s.d 75). Dengan demikian, maka saluran YouTube Biologi Edukasi sangat disarankan untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi di Sekolah, demi hasil belajar yang lebih baik. Kata kunci: daring, Biologi Edukasi, pembelajaran Biologi, SMA, YouTube 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha