DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) INTERAKTIF BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Damayanti, Ni Luh Putu Tresna
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-02-22 03:56:46 
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh lembar kerja peserta didik interaktif berorientasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII SMP Negeri 1 Denpasar. LKPD ini dikembangkan berdasarkan 3 tahapan pada model 4-D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan), tahapan disseminate (penyebaran) tidak dilaksanakan karena terbatasnya waktu penelitian. Karakteristik dari LKPD ini yaitu, LKPD dapat diakses secara online dengan bantuan platform liveworksheet yang dapat diakses di semua perangkat dan kegiatan yang tersedia pada LKPD terstruktur. Kualitas dari LKPD yang dikembangkan pada penelitian ini dilihat dari 3 aspek yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Teknik analisis data untuk menentukan kevalidan LKPD yaitu menggunakan indeks Aiken, teknik analisis data untuk menentukan kepraktisan LKPD menggunakan rata – rata skor angket, dan teknik analisis data untuk menentukan keefektifan LKPD menggunakan uji gain score melalui kegiatan pre-test dan post-test. Hasil penelitian berupa LKPD interaktif berorientasi pendekatan saintifik pada materi SPLDV kelas VIII dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Untuk hasil validitas diperoleh hasil validitas oleh ahli media dan materi berturut – turut yaitu sebesar 0,80 dan 0,90, ini berarti LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat valid. Untuk hasil kepraktisan LKPD diperoleh untuk rata – rata skor angket respons peserta didik dan guru berturut – turut sebesar 3,53 dan 3,6, ini berarti LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat praktis, sedangkan untuk keefektifan LKPD dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik didasarkan pada rata – rata uji gain score melalui kegiatan pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh untuk rata – rata skor pre-test dan post-test diperoleh rata – rata N-Gain sebesar 0,79, ini berarti LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat efektif, hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada penerapan LKPD ini. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha