DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN VERBAL BULLYING DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI SD 2 BENGKALA KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dwiyanti, Maelani
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2022-02-24 00:48:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa di SD 2 Bengkala Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto jenis korelasi. Populasi sebanyak 75 siswa di SD 2 Bengkala Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Sampel sebanyak 62 siswa ditentukan dengan metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengujian analisis data yang digunakan adalah normalitas, linearitas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat verbal bullying berkatekori cukup tinggi dan tingkat kecerdasan interpersonal berkategori sedang dan berdasarkan uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan verbal bullying terhadap kecerdasan interpersonal siswa sebesar 0,679 yakni semakin tinggi verbal bullying maka semakin tinggi kecerdasan interpersonal siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha