DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTUAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA PELAJARAN MATEMATIKA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Kusumayoni, Ni Made Sri Utami
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-22 07:22:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran dengan memanfaatkan bantuan berupa media sosial Instagram yang valid sebagai alternatif pembelajaran dengan materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Prosedur pengembangan video pembelajaran ini menerapkan langkah-langkah dari model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, serta evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk menilai validitas video pembelajaran yang dikembangkan adalah lembar penilaian video pembelajaran. Video terbagi menjadi 5 bagian dengan durasi yang tidak lebih dari 4 menit berisikan animasi-animasi pendukung. Media video pembelajaran yang dirancang berkualifikasi sangat baik hal itu ditunjukan dari rata-rata skor 3,82 oleh 2 ahli materi serta rata-rata skor 3,60 oleh 2 ahli media yang juga berkualifikasi sangat baik. Oleh sebab itu, bisa disimpulkan rata-rata penilaian dari ahli sebesar 3,71 sehingga dapat dinyatakan valid dan siap untuk dipublikasikan di media sosial Instagram dengan akun @_tentangmatematika. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha