DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KEFARMASIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Ni Kadek Ayu Sita Christina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-22 10:15:56 
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan sebuah konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian, untuk mengetahui respon guru dan peserta didik, serta untuk mengetahui efektivitas pengembangan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R & D) dan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di kelas X Jurusan Farmasi SMK Negeri 4 Negara dengan 31 orang siswa dan seorang guru pengampu mata pelajaran Dasar-Dasar Kefarmasian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen penelitian berupa angket. Hasil dari penelitian ini untuk uji validasi konten pembelajaran interaktif berasal dari hasil perhitungan uji ahli isi materi, uji ahli desain dan media pembelajaran yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 1,00 yang menunjukan kriteria tingkat validitas sangat tinggi. Untuk hasil rata-rata uji respon guru dan peserta didik mendapatkan nilai masing-masing sebesar 47 untuk guru dan 64,58 untuk peserta didik yang berada pada kualifikasi sangat positif dengan kriteria sangat praktis. Kemudian untuk hasil uji efektivitas dengan menggunakan rumus N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,92 yang menunjukan tingkat efektivitas berada pada kriteria tinggi dan efektif untuk digunakan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha