DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA SELAMA PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MENGWI SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Wirasanti, Ayu Novita Teja
Subject
QA Mathematics 
Datestamp
2022-02-23 05:43:43 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetehui jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun datar segi empat pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi tahun pelajaran 2020/2021. Prosedur analisis kesalahan siswa yang digunakan adalah prosedur Newman, yaitu: 1) kesalahan membaca; 2) kesalahan memahami soal; 3) kesalahan transformasi; 4) kesalahan proses perhitungan; 5) kesalahan penulisan jawaban. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes, wawancara dengan 34 subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan kesalahan pada setiap item soal dengan berbagai jenis kesalahan yaitu kesalahan membaca sebanyak 14 kali, kesalahan pemahaman sebanyak 90 kali, kesalahan transformasi sebanyak 21 kali, kesalahan proses perhitungan sebanyak 44 kali, dan kesalahan penulisan jawaban sebanyak 8 kali. Ada 3 faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan, yaitu: 1) kesulitan memahami masalah; 2) tidak memahami konsep; 3) dan karena lupa serta tidak teliti. Dapat dilihat dari hasil analisis yang menggunakan prosedur newman, terlihat sebagian besar nilai siswa rendah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa di SMP Negeri 2 Mengwi dalam menyelesaikan soal cerita materi bangun datar segi empat masih rendah. Kata kunci: kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita matematika. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha