DETAIL DOCUMENT
Pengelolaan Pembelajaran Kimia Kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tabanan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Maharani, Putu Tansa
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-02-23 06:16:53 
Abstract :
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar kimia siswa kelas X IPA di SMA Negeri 2 Tabanan. Subjek dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, guru dan siswa menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Objek penelitian ini adalah komponen silabus dan RPP. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah studi dokumen, observasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Silabus dibuat secara mandiri oleh guru disesuaikan dengan standar proses. Komponen silabus yang dibuat guru memuat 6 komponen dari 9 komponen minimum standar proses. (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas X IPA dibuat sendiri oleh guru disesuaikan dengan standar proses. Beberapa komponen RPP yang belum memenuhi standar proses yaitu tata penulisan Kompetensi Dasar (KD), tujuan dan indikator pembelajaran, serta uraian materi pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh guru sudah sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu pada penggunaan media pembelajaran. (4) Penilaian hasil belajar siswa mencangkup penilaian aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Namun demikian, penilaian pengetahuan dan keterampilan belum memenuhi standar penilaian. Berdasarkan hasil tersebut, perbaikan yang dapat di sarankan berfokus pada penyesuaian antara perancangan pembelajaran yang telah dibuat oleh guru dengan pelaksanaan didalam kelas. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha