DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E-MODUL PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII DI MTS TERPADU MARDHATILLAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Ramdani, Muhamad Syakir
Subject
AS Academies and learned societies (General) 
Datestamp
2022-02-24 01:09:56 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun modul elektronik (E-Modul), dan (2) mendeskripsikan validitas modul elektronik (E-Modul) pada mata pelajaran Seni Budaya Kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Hannafin and Peck. Metode pengumpulan data penelitian menggunaan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) rancang bangun modul elektronik (E-Modul) pada mata pelajaran Seni Budaya meliputi 3 fase pengembangan yaitu: fase analisis, fase desain, dan fase pengembangan dan implementasi. (2) validitas produk modul elektronik (E-Modul) ini dilakukan oleh ahli isi pembelajaran dengan hasil 98,46%, ahli desain pembelajaran dengan hasil 96%, ahli media pembelajaran dengan hasil 90%, ahli uji coba perorangan dengan hasil 95,53%, dan uji coba kelompok kecil dengan hasil 91,84%, berdasarkan kelima hasil tersebut e-modul berada pada kualifikasi sangat baik. Secara umum hasil penelitian menunjukan modul elektronik (E-Modul) pada mata pelajaran Seni Budaya valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan kepada guru dari hasil penelitian ini yaitu agar modul elektronik (E-Modul) ini dapat digunaka secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha