DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN KLUNGKUNG TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Ramajaya, Pande Putu Gean
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-02-23 07:07:33 
Abstract :
Penelitian ex post facto ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi siswa SMP Negeri di kecamatan Klungkung terhadap pembelajaran matematika secara daring ditinjau dari gaya belajar siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri di kecamatan Klungkung tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 1017 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 124 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner gaya belajar dan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring. Data dianalisis menggunakan anava satu jalur untuk menguji hipotesis perbedaan 3 kelompok data dan uji Scheffe untuk menguji hipotesis perbedaan 2 kelompok data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring untuk siswa dengan gaya belajar visual, auditori, serta kinestetik, dengan nilai signifikasi sebesar 0,00017; 2) tidak terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring untuk siswa dengan gaya belajar visual dan siswa dengan gaya belajar auditori, pada nilai signifikasi sebesar 0,9897; 3) terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring untuk siswa dengan gaya belajar visual dan siswa dengan gaya belajar kinestetik, pada nilai signifikasi sebesar 0,0019; 4) terdapat perbedaan persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika secara daring untuk siswa dengan gaya belajar auditori dan siswa dengan gaya belajar kinestetik, pada nilai signifikasi sebesar 0,0006. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan kedepannya guru dapat lebih mengenal gaya belajar siswa. Hal tersebut dapat membantu setiap guru untuk dapat memberikan variasi mengajar sesuai dengan karakter gaya belajar siswa yang disertai dengan menciptakan situasi belajar yang baik pula. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha