DETAIL DOCUMENT
The Challenges in Online English Learning for EFL Learners: A Case Study of Junior High School Students in Tejakula
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Iswandhary, Putu Eldina
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-23 08:05:22 
Abstract :
Dikarenakan pandemi global sejak tahun 2019, proses belajar mengajar dilakukan secara online di seluruh Indonesia. Namun, mereka yang tinggal di pedesaan sering menghadapi beberapa tantangan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menyelidiki tantangan yang dihadapi siswa SMP Negeri 4 Tejakula dan bagaimana mereka mengatasi tantangan tersebut. Desain penelitian ini adalah studi kasus. Kuesioner dan wawancara digunakan untuk memperoleh data yang dikembangkan dari teori delapan faktor penghambat pembelajaran online Muilenberg dan Berg (2005). Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman (1994). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa pada aspek administrasi/instruktur, interaksi sosial, kemampuan akademik, kemampuan teknis, motivasi belajar, waktu dan dukungan untuk belajar, biaya dan akses internet, serta masalah teknis. Oleh karena itu, siswa juga berusaha mengatasi tantangan tersebut. Melihat tantangan tersebut, maka pelaksanaan pembelajaran online perlu ditingkatkan. Semua pemangku kepentingan harus bekerja sama untuk membuat pembelajaran online menjadi lebih baik. Dapat tersirat bahwa siswa memiliki tantangan tersendiri selama pembelajaran online. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha