DETAIL DOCUMENT
AN ANALYSIS OF LANGUAGE STYLE IN THE ESSAYS WRITTEN BY STUDENTS OF ENGLISH LANGUAGE EDUCATION UNDIKSHA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Apriawan, Komang Trisna
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-23 07:17:38 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis gaya bahasa dan mendeskripsikan fungsi gaya bahasa dalam karangan yang ditulis oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, khususnya mahasiswa semester tiga mata kuliah penulisan esai. Penulis menggunakan teori sintesa Keraf (2010), Abrams (1999), dan Corbett (1966) untuk mengklasifikasikan tipe gaya bahasa dan teori Leech (1981) untuk mendeskripsikan fungsi gaya bahasa. Sumber data dikumpulkan dari tugas akhir mata kuliah penulisan esai semester III. Data diperoleh dengan menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang dilanjutkan dengan model analisis data dari Miles dan Huberman (1994) untuk menganalisis semua data. Berdasarkan hasil penelitian, ada 49 gaya bahasa yang ditemukan dalam esai. Mereka adalah 14% gaya pengulangan, 12% gaya antitesis dan hiperbola, 10% gaya paralelisme dan oksimoron, 6% gaya antiklimaks, metonimi, paradoks, dan ironi, 4% gaya klimaks, metafora, dan personifikasi, 2%. gaya alegori dan simbolisme. Dari persentase tersebut terlihat bahwa jenis gaya bahasa yang paling dominan adalah gaya pengulangan. Selanjutnya, terdapat 11 fungsi gaya bahasa yang ditemukan dalam esai. Mereka adalah 5 fungsi ekspresif, 4 fungsi informasi, dan 2 fungsi estetika. Fungsi ekspresif merupakan fungsi gaya bahasa yang paling dominan dalam karangan. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha